99 Koin Emas

gold-coins-02

Alkisah seorang raja yang sangat bijaksana. Ia sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya termasuk orang-orang yang bekerja di istananya.

Suatu ketika saat ia sedang berjalan-jalan di dapur, dilihatnya salah seorang pegawai yang selalu riang. Tak sedikitpun pegawainya itu menunjukkan muka yang cemberut. Seolah-olah ia selalu mensyukuri setiap apa yang ia miliki.

Sang rajapun berusaha mencari tahu latar belakang pegawainya tersebut. Hingga diperoleh informasi bahwa pegawainya itu adalah seorang penduduk sederhana yang tinggal di ujung desa. Akhirnya sang raja pun ingin memberikan sesuatu hadiah bagi pegawainya itu tanpa ia ketahui. Ditaruhnya satu kantong koin emas yang berjumlah 99 buah ke dalam tas pegawainya itu.

Ketika hari sudah sore, pegawainya itu bergegas pulang ke rumahnya seperti biasa. Sepanjang jalan seperti biasa ia bersiul dan menyapa orang-orang yang ditemuinya. Ucapan syukur senantiasa terucap dari mulutnya.

Sesampainya dirumah betapa kagetnya ia mendapati didalam tasnya terdapat 99 koin emas. Seolah ia tak percaya dengan apa yang dilihatnya. Ia tersenyum bahagaia dan mengucap syukur pada Sang Pencipta atas rejeki yang diterimanya. Namun tak berapa lama ia terdiam dan berpikir keras.

“Mengapa kantung ini hanya berisi 99 koin emas? Bukankah seharusnya ada 100 koin emas? Wah jangan-jangan sebuah koin emas terjatuh dijalan saat aku pulang dari istana,” gumamnya dalam hati.

Hingga akhirnya sejak hari itu, ia hanya menghabiskan waktu untuk mencari sebuah koin yang ia pikir hilang. Ia lupa bagaimana mengucap syukur atas 99 koin yang telah ia miliki. Justru ia sering berkeluh kesah atas 1 koin yang tidak ia miliki.

***

Comments

comments

Tinggalkan Balasan