APEL YANG MENGUBAH DUNIA

APEL

1. Sejak pertama kali manusia diciptakan, masih menjadi perdebatan apakah buah yang di makan Adam dan Hawa saat berada di taman Eden. Apakah memang benar itu buah apel atau bukan? Akan tetapi, hasil penelusuran lebih lanjut menunjukkan bahwa kata apel pada sebelum abad ke-17 digunakan untuk menyebut segala jenis buah-buahan selain berries, termasuk kacang-kacangan (dalam dictionary.reference.com). Di samping itu, kata ‘apel’ dalam Bahasa Latin ialah mālum, serupa dengan kata ‘setan’ atau ‘ketidakberuntungan’ yang dalam Bahasa Latin ialah mălum. Kedua hal inilah yang membuat sebagian orang menginterpretasikan bahwa buah yang dimakan oleh Adam dan Hawa adalah buah apel. Tetapi, apakah benar memakan apel bisa membuat kita mengetahui apa yang baik dan yang jahat? Atau bahkan bisa membuat kita mati? Atau mungkin khasiat ‘magis’ tersebut telah hilang pasca kejadian Adam dan Hawa?

adam dan hawa

Adam dan Hawa

 

2. Pada sekitar abad ke 17 (tahun 1687), Sir Isaac Newton mendapatkan rumus tentang teori gravitasi dan sebuah apel yang jatuh dari pohon. Di kisahkan bahwa suatu hari Newton duduk dan belajar di bawah pohon apel dan saat itu sebuah apel jatuh dari pohon tersebut. Dengan mengamati apel yang jatuh, Newton mengambil kesimpulan bahwa ada sesuatu kekuatan yang menarik apel tersebut jatuh kebawah, dan kekuatan itu yang kita kenal sekarang dengan nama gravitasi.

Sir Isaac Newton

Sir Isaac Newton

 

3. Sekitar tahun 1976, nama apple didapatkan pada saat Steve Jobs bekerja di kebun buah-buahan Oregon dan ia mendapatkan nama apple dari brand ternama apel yang bernama McIntosh apples. Dari brand apel tersebut jugalah nama Macintosh berasal. Dari kisah inilah Steve Wozniak, co-founder Apple mengatakan “semua yang terdengar menarik adalah benar.” Jadi mungkinkah ini benar-benar asal mula mengapa Apple menggunakan apel sebagai nama dan logo?

Apple

Apple

 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan