Fakta Unik Bunga Edelweis

Bunga Edelweis

Bunga Edelweis

FAKTA UNIK BUNGA EDELWEIS

1.    Mendapat Julukan Bunga Abadi

Hal itu disebabkan karena di dalam bunga Edelweis terkandung hormon etilen, yakni hormon yang berfungsi sebagai penekanan hormon sehingga bunganya tidak bisa gugur dan yang hebatnya lagi bunga ini dapat mekar sampai 10 tahun lamanya bila menyimpanan nya ditempat yang kering dan dengan suhu ruangan.

2.    Hanya hidup di Gunung

Edelweis hanya bisa hidup di daerah pegunungan. Di Indonesia, edelweis tumbuh di daerah pegunungan di Jawa, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lombok. Edelweis biasanya berbunga antara bulan April dan Agustus.

3.    Sebagai Obat

Ekstrak dari bunga edelweis dapat dijadikan obat sejak peradaban kuno untuk mengatasi berbagai penyakit seperti diare, disentri, TBC dan difteri.  Karena bunga tersebut memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup banyak, yaitu anti-mikroba yang dapat membunuh jamur dan bakteri dan memiliki sifat anti-inflamasi atau radang.

4.    Mikoriza

Edelweis merupakan tumbuhan pelopor bagi tanah vulkanik muda di hutan pegunungan dan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus, karena mampu membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu yang secara efektif memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akarnya dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara. Mikoriza adalah jamur di akar yang tugasnya menahan nitrogen dan menghancurkan materi organik. Berkat mikoriza inilah, edelweis bisa mendapatkan nutrisi yang membuatnya tetap hidup dan berbunga di tanah pegununungan yang tandus.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan