Hidup Seperti Pensil

pencil-161129_640

Siapakah yang tidak kenal dengan benda yang bernama pensil? Tentu saja semua orang baik itu orang dewasa atau anak-anak, laki-laki atau perempuan pasti mengenal dengan benda sederhana ini. Namun di balik kesederhanaannya, ada beberapa nilai-nilai teladan yang bisa bermanfaat bagi hidup kita.

1. Pensil hanya bisa digunakan dan menghasilkan tulisan atau karya yang indah jika ada sebuah tangan yang menuntunnya. Manusia pun demikian. Kehidupannya akan berguna bagi dirinya maupun orang lain apabila Tangan Tuhan menuntun hidupnya.

2. Setiap habis dipakai, pensil akan selalu diraut agar tetap tajam, sempurna dan siap untuk digunakan kembali. Memang itulah proses yang menyakitkan. Demikian juga dengan manusia yang selalu menghadapi masalah-masalah dalam hidupnya, yang bisa membuat dirinya makin bertumbuh dan kuat.

3. Terkadang dalam menulis, sering timbul kesalahan namun bisa diperbaiki. Setiap manusia bisa berbuat salah, tapi jangan berkecil hati karena kita bisa memperbaiki kesalahan walaupun tidak akan pernah menghapusnya.

4. Pensil mempunya bagian yang terpenting yang terletak di dalam batang tubuhnya yaitu grafit. Keindahan manusia bukan terletak pada sisi luarnya melainkan pada hatinya.

5. Seringkali pensil tidak hanya digunakan diatas kertas, namun bisa di media-media yang lain seperti tembok atau kayu atau kain. Dimanapun manusia berada, tetap jalankan peran dan tugasnya masing-masing. Berikan yang terbaik dalam hidup karena Tuhan punya rencana yang indah yang mereka kadang tak mengerti.

***

Comments

comments

Tinggalkan Balasan