Mawar Yang Berduri

Bunga Mawar

Adalah seorang pemuda yang mempunyai bibit bunga mawar. Ia ingin menanamnya dengan harapan kelak bunga mawar itu akan tumbuh dan mekar dengan indah. Disiapkannya segala peralatan yang diperlukan. Pupuk yang terbaik, tanah yang subur dan pot bunga. Alhasil iapun telah menanam bibit bunga mawar itu dan meletakkannya disudut yang cukup untuk mendapatkan cahaya matahari.

Setiap hari bunga mawar itupun di siram dengan teratur. Dibersihkannya tanaman pengganggu yang tumbuh disekitarnya. Diberinya pupuk agar bunga mawar itu tumbuh dengan baik. Dengan tekun pemuda itu merawatnya. Dan akhirnya usahanya tidak sia-sia, perlahan tapi pasti mawar itu telah mulai tumbuh kuncupnya. Kelopaknya mulai tampak merekah walaupun belum sempurna.

Pemuda merasa kegirangan. Setiap hari dipandanginya bunga mawar itu. Namun suatu hari saat ia hendak memberikan pupuk, secara tidak sengaja tangannya tergores oleh duri bunga mawar. Ia hanya meringis kesakitan. Semula pemuda itu tak menghiraukan kejadian tersebut. Hingga esok harinya, kejadian itu terulang kembali.

“Ah, ternyata merawat bunga mawar itu menyebalkan. Selalu saja tanganku terluka akibat dari duri-duri tajam ini. Mengapa dari bunga yang indah ini, tumbuh banyak sekali duri-duri yang tajam?”

Lama-kelamaan pemuda itu tampak enggan lagi untuk merawat bunga mawar itu. Ia mulai tak peduli. Rasa kecewa menyelimuti hatinya. Mawar itu tak pernah lagi disirami atau diberinya pupuk. Rumput-rumput pengganggu mulai tumbuh lagi di sekitar mawar itu. Semakin lama semakin banyak. Kelopak yang dahulunya mulai merekah kini tampak pucat dan sayu. Daun-daunnya mulai jatuh satu demi satu. Dan akhirnya bunga mawar itupun meranggas, layu dan mati.

Seringkali kita hanya melihat “duri-duri” yang tumbuh dalam hidup ini. Merasakan hanya kelemahan yang ada dalam diri kita. Cobalah menemukan “mawar” itu dan buatlah hidup kita berguna bagi orang lain. Kita pasti punya kelebihan yang kadang tidak kita sadari. Jadi jangan pernah hanya mengeluh dengan adanya duri, tapi lihatlah mawar indah yang ada dalam hidup ini.

***

Comments

comments

Tinggalkan Balasan