Pentingkah Kita Kuliah ?

Kuliah

Salah jurusan atau tidak, kita bisa kuliah adalah anugerah yang perlu disyukuri. Mengapa? Karena masih banyak orang-orang diluar sana yang masih bermimpi ingin kuliah namun tidak kunjung terlaksana.

Namun sebenarnya apa tujuan kita kuliah. Terkadang kita kuliah hanya sekadar mengejar nilai SKS. Kita kuliah hanya mengejar gelar atau status. Kita lupa untuk berpikir panjang bagi pengembangan diri daripada sekedar mengisi absensi masuk ruang kuliah.

Kita lebih menghargai kulit daripada isi. Kita lebih mempercayai kosmetik daripada substansi. Sekali lagi kita kuliah hanya untuk mendapatkan pengakuan gelar dari Universitas terbesar atau terbaik, dan bukan untuk menjadi manusia yang mandiri.

Kecuali jika dari awal kita memang berniat untuk mencari ilmu dan memandang status secara proporsional. Kecuali jika kita mengetahui bahwa kita sendirilah yang akan menentukan besuk kita akan menjadi pengusaha, karyawan atau pengangguran. Dan kampus hanyalah alat untuk mengantarkan cita-cita ke alamat tujuan.

Jadi apakah tujuan utama kita kuliah atau pentingkah kita kuliah ?

Comments

comments

Tinggalkan Balasan