Persahabatan (dari Ibu)

mother__s_love_by_ef5

Sebuah persahabatan tak selalu berhubungan dengan hal yang baik-baik saja, terkadang juga ada hal buruk, kesalahan dan kelalaian. Amarah, bahagia, senang, sedih selalu menghiasi sebuah ikatan persahabatan. Hingga akhirnya kita akan menemukan sahabat sejati dalam hidup kita.

Dan tanpa kita sadari, sejak masih kecil kita telah diajari tentang sebuah persahabatan. Oleh siapa? Ya, dia adalah ibu. Seorang ibu yang setia selalu bersama dengan kita.

1.    Seorang ibu akan selalu menerima setiap keadaan
Entah kita termasuk anak yang pandai atau bodoh, gemuk atau kurus dan apapun itu, ibu akan dengan setia menyayangi kita. Meski berulang kali kita membuat kesalahan bahkan hingga dewasa, seorang ibu akan selalu memahami kita lagi, … dan lagi.

2.    Saat kita tak ingin ibu di dekat kita, tapi dia tetap ada
“Ibu, jangan ganggu aku! Aku mau belajar.” Mungkin kita pernah mengalaminya. Ibu akan pergi dari hadapan kita, namun tak berapa lama dia sudah ada di belakang kita. Berjaga-jaga kalau kita membutuhkan bantuannya. Atau saat kita sudah beranjak dewasa dan ketika ibu jadi orang pertama yang kita tak ingin ia tahu masalah kita, tapi justru dia muncul dan (pada akhirnya) yang membantu menyelesaikan masalah kita.

3.    Kebahagiaanya adalah saat melihat kita bahagia
Ibu rela mengalah tidak menonton acara TV kesukaannya agar kita bisa menonton film kartu yang mungkin membosankan. Terkadang ia rela tidak ikut arisan atau membatalkan janji demi mengurus kita yang sedang sakit demam. Atau seorang ibuku yang rela untuk bangun pagi-pagi sekali dan berjualan kue serabi agar aku bisa memperoleh uang saku untuk sekolah.

4.    Saat orang-orang meninggalkanmu, dia tetap memberimu semangat dan melindungimu
Teman akan selalu datang dan pergi, tapi seorang ibu tidak akan meninggalkan kita sendirian. Akan selalu ada, dan ada setiap waktu.

Hingga akhirnya waktu untuk menutup mata, kita pun tak tahu apa yang telah kita berikan untuknya apakah telah cukup untuk menggantikan segalanya.

***

Comments

comments

Tinggalkan Balasan