Seputar Buah Pisang

Pohon Pisang

Pisang tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Salah satu jenis buah yang mudah untuk kita dapatkan. Hampir di setiap warung makan atau di pasar, buah pisang selalu ada. Berikut terdapat beberapa fakta unik tentang pisang :

Pohon pisang berkembang biak dengan tunas. Setelah selesai menciptakan tunas yang baru, maka dengan sendirinya ia akan mati (sebelum tumbuh tunas yang baru ia tidak akan mati). Siklus ini akan berlangsung terus menerus. Dan pada umumnya satu pohon pisang hanya tumbuh satu tandan pisang.

Selain buahnya, baik batang pisang maupun daun pisang ternyata dapat dimanfaatkan oleh manusia. Batang pohon pisang (debog) pada masa penjajahan dulu sering dibuat sayur (sayur bonggol pisang). Hal itu dikarenakan batang pohon pisang yang tidak keras dan basah berair. Di dalamnya terdapat cadangan energy. Sedangkan untuk daun pisang bisa digunakan sebagai pembungkus makanan seperti nagasari, bothok dll. Bahkan bagi anak-anak kecil jaman dulu, daun pisang bisa digunakan sebagai pengganti payung.

Buah pisang ternyata memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, C, E, K. Dengan mengkonsumsi pisang ternyata dapat mengurangi resiko penyakit kanker dan jantung. Buah pisang juga mengandung fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, tembaga dan selenium. Hampit tidak ada kandungan lemak pada buah pisang. Bahkan jika ingin selalu suasana hati yang baik maka makanlah buah pisang karena di dalamnya terkandung spesifik asam amino triptofan dan vitamin B 6 serta memproduksi serotonin, anti depresan alami.

Pada catatan dunia, ternyata buah pisang adalah makanan nomor empat paling banyak dikonsumsi manusia setelah gandum, beras dan jagung. Rata-rata dimakan 100.000.000.000 buah per tahunnya.

Jika buah pisang adalah favorit anda, itu mengartikan bahwa anda termasuk orang yang penyayang, lembut dan simpatik. Memang di sisi lain terlihat kurang percaya diri dan pemalu, namun terhadap pasangan anda, anda mengaguminya dari segala sisi baik fisik maupun mental. Oleh karenanya hubungan anda akan selalu dalam keharmonisan.

***

Comments

comments

Tinggalkan Balasan