Sumber Kehidupan

Air

Di tepi sebuah sungai, seorang ayah sedang berbicara dengan anaknya yang masih kecil. Mereka sedang dalam perjalanan pulang setelah menikmati indahnya daerah pedesaan itu.

“Lihatlah anakku, air begitu pentig bagi kehidupan ini, tanpa adanya air maka kita semuanya pasti akan mati.”

Pada saat yang bersamaan, seekor ikan kecil mendengar percakapan mereka. Ikan kecil itu tiba-tiba merasa gelisah dan takut, kalau-kalau ia juga akan mati seperti yang di katakan oleh seorang ayah pada anaknya. Lantas ia pun berenang menyusuri daerah sepanjang sungai menemui setiap makhluk yang ada untuk menanyakan di manakah keberadaan air yang dianggapnya begitu sangat penting.

Merasa usahanya sia-sia, ikan itu pulang ke rumah. Ibunya yang melihat anaknya merasa sedih lantas bertanya.

“Mengapa kamu murung anakku, apakah yang sedang kamu pikirkan?”

“Bu, tadi aku mendengar percakapan manusia bahwa air itu sangat penting dan tanpa air kita semua akan mati,” ujar anak itu sambil terus bersedih.

Dengan tersenyum si ibu ikan kecil itu berkata “Tidak usah sedih anakku, air itu telah mengelilingimu sehingga kamu pun tak menyadari keberadaannya. Memang tanpa air kita semua pasti akan mati.”

Terkadang kita sebagai manusia sering mencari kesana kemari untuk menemukan sumber kehidupan. Di mana ia berusaha keras agar bisa merasakan kebahagiaan. Padahal mereka lupa bahwa hidup yang mereka jalani itulah sumber kehidupan dan kebahagiaan, yang terus melingkupi mereka hingga mereka pun tak menyadari kehadirannya.

***

Comments

comments

Tinggalkan Balasan