Tak Perlu Curang

Pelari

Arti dari sebuah kemenangan sejati adalah bukan saat kita berhasil mengalahkan orang lain. Namun lebih pada saat kita berhasil mengalahkan diri kita sendiri. Kita harus terus berpacu dengan waktu untuk mengalahkan rasa takut, sombong, kikir, iri hati dan beban-beban lain yang selama ini tertambat di garis start dalam hidup kita.

Segala jerih payah kita untuk mengalahkan orang lain sama sekali tidak akan berguna. Namun tidaklah semuanya. Setiap motivasi yang lahir dari rasa iri hati semestinya tidaklah terjadi. Biarlah keberhasilan yang sejati melahirkan kebahagiaan yang sejati dan bukan kebahagiaan yang semu ataupun sesaat, yang mana semuanya itu dicapai lewat niat yang mulia.

Seorang pelari harus tetap fokus menuju garis finish. Bukan selalu menoleh kebelakang melihat lawan yang ada di belakangnya. Ia akan tertinggal jika terlalu sibuk mengintip laju lawan. Ia harus terus berlari kedepan untuk memecahkan record sendiri tak peduli apakah lawannya akan menyusulnya atau tidak. Ia curahkan segalanya untuk memperbaiki catatan recordnya sendiri.

Dengan demikian ia bertanding dengan dirinya sendiri, dan bukan melawan orang lain. Oleh karenanya ia tidaklah perlu untuk berbuat curang.

***

 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan