Pohon Bambu

bambu

Merupakan golongan tanaman rumput, menjadikan bambu sebagai salah satu tanaman yang istimewa. Sekilas yang kita lihat hanyalah tanaman yang mempunyai batang menjulang tinggi ke atas.  Namun pernah kita melihat pohon bambu yang roboh tertiup angin. Saya yakin sangatlah jarang terjadi bahkan mungkin hampir tidak pernah. Pohon bambu akan bergoyang seirama dengan arah angin yang menerpanya tapi tidak akan sampai roboh ke tanah. Tetapi ada satu faktor utama pohon bambu bisa melakukan hal itu yaitu dengan pondasi akarnya yang sangat kuat.

Bambu mengajarkan kita untuk hidup fleksibel. Hidup mengikuti irama yang telah Tuhan tetapkan. Setiap cobaan, penderitaan, kebahagiaan yang kita alami adalah bagian dari semuanya itu. Memiliki akar iman yang kuat sehingga bisa bisa melewati setiap badai kehidupan. Jika kita telah jatuh jangan lupa untuk bangkit tegak kembali.

Setiap bagian pohon bambu memiliki manfaat. Tak satupun terbuang sia-sia. Terlebih lagi kita sebagai umat manusia ciptaan TUHAN yang sempurna diantara ciptaanNya yang lain. Sudah seharusnya kita menggunakan seluruh panca indera kita untuk hal-hal yang bermanfaat. Pikiran, perkataan, pandangan, bahkan tingkah laku kita harus mencerminkan nilai-nilai kasih sayang.

Sejarah akan mencatat kita selama hidup menjadi apa. Bukan semata-mata untuk menunjukkan kedudukan dan popularitas kita, tapi lebih kepada menjadi manusia yang bermanfaat bagi diri kita sendiri, orang lain bahkan bagi Tuhan sang pencipta alam semesta.

“Kalau hidup sekedar hidup, babi di hutan juga hidup. Kalau kerja sekedar kerja, kera juga bekerja.” Itulah salah satu perkataan Buya Hamka. Renungkanlah… Renungkanlah.

***

Comments

comments

Tinggalkan Balasan